Laman

Jumat, 19 Desember 2008

Mengoptimalkan Kinerja Windows XP

Tips berikut akan mengarahkan anda supaya dapat memompa kinerja Windows XP tanpa harus menggunakan software

Gunakan File System NTFS
Jika baru menginstall Windows XP, lebih baik untuk menggunakan file system NTFS. Dibandingkan FAT, file system NTFS lebih cepat diakses dan proses scandisk juga singkat. Jangan gunakan FAT, kecuali anda ingin bisa mengakses harddisk di Windows 98 tanpa software tambahan. File NTFS dapat diakses Windows 98 menggunakan software tambahan, seperti ntfs-reader atau NTFS98. (http:// www.ftp.planitbs.co.uk/Programs/System%20 Utilities/NTFS98%20-%20Access%20NTFS%20From%20Windows%2098/index.htm)

Pilih Program Startup
Ada baiknya selalu memeriksa Startup, karena bisa saja terisi oleh virus, spyware atau malware yang akan menyebabkan komputer menjadi lambat. Untuk membuka Startup, jalankan START > RUN, ketik msconfig, buka tab Startup
Di sinilah terlihat semua program yang dijalankan pada saat Startup. Anda bisa memeriksa file tersebut satu persatu, terletak di folder apa. Jika sempat, klik kanan file tersebut, lihat properties nya, terus versi dan siapa pembuatnya. Jika dari microsoft atau sumber lain yang terpercaya berarti aman. Jika ada program yang tidak perlu, hilangkan cek pada baris yang akan dinonaktifkan

Matikan services yang tidak perlu
Masih dalam jendela msconfig, buka tab services. Ini merupakan tugas yang otomatis dijalankan windows saat startup. Ada beberapa services yang tidak perlu dan sebaiknya dimatikan, yaitu:

- Automatic Live Update Scheduler. Services ini jika anda tidak ingin otomatis update windows, atau computer anda tidak terhubung internet sama sekali.
- Error Reporting Service. Jika anda pernah melihat window yang isinya “error occured É.” terus ada pilihan send atau don’t send. Itulah guna dari service ini. Kita biasanya memilih don’t send, jadi sebaiknya matikan service ini.
- Live Update, sama dengan Automatic Live Update Scheduler.
- Automatic Updates, sama dengan Automatic Live Update Scheduler.
- Remote Desktop Help Services. Digunakan untuk membantu anda jika mengalami kesulitan atau error di windows, anda bisa meminda teman anda untuk mengakses komputer anda dari jarak jauh (internet). Jika anda tidak pernah memakainya, service ini sebaiknya dimatikan.
- Remote Registry. Untuk mengakses registry (file setting windows) dari jarak jauh. Sebaiknya dimatikan.
- Uninterruptible Power Suply (UPS). Ini hanya digunakan jika komputer anda menggunakan UPS, yaitu alat yang berguna untuk menyimpan energi listrik ketika listrik padam. Matikan service ini jika anda tidak menggunakan UPS.
- Even Log. Windows mencatat semua log tentang apa yang terjadi di Windows. Jika anda tidak pernah menggunakan Even Log (ada di Control Panel > Administrative Tool), maka service ini boleh dimatikan
- Windows Audio. Boleh dimatikan jika komputer anda tanpa sound card.

Minimalisir Visual effect
Buka Start Menu > Klik kanan My Computer > Properties. Buka tab Advanced. Klik setting pada bagian Performance. Pada tab Visual effect pilih Adjust for Best Performance. Kemudian cek pada pilihan Use visual style for windows and buttons agar tampilan windows anda tetap seperti windows XP.

Optimalkan virtual memory
Buka Start Menu > klik kanan My Computer > Properties. Buka tab Advanced. Klik Setting pada Performance > klik tab Advanced. Pada bagian bawah ada pilihan Virtual Memory, klik pada tulisan change. Gunakan custom size, isi dengan:
Initial size : 1024 MB
Maximum size : 2048 MB

Rutin scan dan defrag
Scan harddisk seminggu sekali dan defragmen harddisk sebulan sekali. Usahakan keduanya dilakukan secara teratur. Jika lupa caranya, buka windows explorer, klik kanan pada harddisk, pilih Properties. Buka tab tools. Pilih error checking untuk menjalankan scan disk, dan pilih defragmentation untuk mendefragmen harddisk.

Tidak ada komentar: